Apakah kamu leather bag lovers? Selain bentuknya yang classy, tas kulit banyak diburu karena ketahananannya dan bentuknya yang akan memberikan kesan mewah. Tapi, ada juga beberapa orang yang merasa menggunakan tas kulit akan membuat repot, karena perawatannya tidak semudah mencuci tas wanita biasa. Padahal, gampang sekali, loh! Kamu bisa intip 4 tips mudah dan hal-hal dasar untuk menjaga tas kulitmu tetap awet!

 

Segera Bersihkan Ketika Terkena Noda

 

Ketika tas kulit terkena noda, segeralah bersihkan noda tersebut karena jika semakin lama kamu diamkan, akan semakin susah hilangnya. Perhatikan juga cara pembersihan tiap noda karena caranya akan berbeda. Misalnya, ketika tas terkena noda minyak, bersihkan dengan menggunakan bedak bayi dan kain lembut. Alat untuk membersihkan pun juga harus memiliki permukaan yang lembut, seperti kain micro fiber yang dapat menyerap kotoran dengan baik atau kapas untuk mengelap debu pada tas kulit.

 

Simpan Tas Menggunakan Dust Bag

 

Biasanya, saat kita membeli tas wanita terbaru, kita akan mendapatkan sebuah kantong dust bag yang kegunaannya untuk membungkus tas tersebut. Kantong ini dapat menjaga tas kulit dari debu dan kotoran. Ketika kamu sedang tidak menggunakan tas, kamu bisa menyimpan kembali dengan membungkuskan dust bag kepada tas. Perlu diingat juga, penyimpanan yang terlalu lama bisa membuat kulit pada tas lembab dan menimbulkan jamur. Jadi, seimbangkan pemakaian tas kulitmu agar ia terkena udara, ya.

 

Jaga Bentuk Tas Kulit dengan Mengisi dalam Tas Saat Tidak dipakai

 

Karena tas kulit mudah berubah bentuk ketika jarang dipakai, perhatikan cara penyim[anannya, ya. Pastikan jika tas kulit tidak tertindih oleh barang lain, karena ketika tasmu banyak tekanan dari luar dan ketika sedang tidak ada isi di dalamnya, ini akan menyebakan timbulnya lipatan dan mengubah bentuk asli dari tas kulit. Untuk mengakalinya, isilah tas kulitmu dengan barang-barang yang tidak kamu gunakan lagi seperti kain bekas, kertas bekas, plastik bekas atau bubble wrap. Cara ini akan membantu menjaga bentuk tas kulit awet.

 

Rajin Melembabkan Tas Kulit

 

Kelembaban merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan pada tasmu. Kalau kamu menemukan tas kulit berkerut, kaku, atau mengelupas, tandanya tas kulitmu hilang kelembaban. Rajinlah untuk mengoleskan kondisioner khusus untuk meerawatnya. Dengan begitu, tas kulit kamu akan tetap lembut dan lentur seperti baru!

 

Mudah, bukan? Yuk lakukan keempat hal tersebut agar tas kulit kesayanganmu lebih awet dan tahan lama!