Seiring berjalannya waktu dan juga mengikuti pergerakan zaman, rupa dan bahan tas terus berevolusi demi mengikuti pasar mode. Namun, satu hal yang tidak berubah: tas dengan menggunakan ritsleting atau zipper tetap diminati dari masa ke masa. Tas dengan zipper memang dipercaya lebih nyaman untuk digunakan, karena menjamin keamanan isi tas agar tidak berantakan dan meminimalisir kemungkinan hilang. Meskipun begitu, tetap ada kekurangannya: ritsleting tas macet, rusak, atau berkarat. Untuk mencegah hal tersebut terjadi dan untuk menjaga keawetan ritsleting tas, ikuti 4 tips berikut yang sangat mudah untuk kamu lakukan!

 

Memperhatikan Kuantitas Barang di dalam Tas

 

Terkadang kita sering memaksakan untuk memasukkan banyak barang yang ada di dalam tas karena merasa ruang di dalamnya masih luas, namun, ketika di tutup, kita merasa kesusahan dan memaksakan ritsleting tertutup meskipun terpaksa. Hal ini tidak boleh dilakukan karena jika rirsleting dipaksakan tertutup dengan tegang, ia pun akan cepat rusak atau penariknya akan patah. Pastikan ketegangan pada ristleting tidak terlalu menekan dengan memastikan tidak ada barang yang menghalangi dan menariknya secara perlahan saat akan ditutup.

 

Menjaga Kebersihan Jalur Ristleting

 

Kotoran yang menumpuk dapat menghalangi jalur ristleting dan membuat ristleting tasmu rusak juga, loh. Untuk mencegah hal ini terjadi, rajinlah untuk membersihkan dengan menggunakan sikat lembut seperti sikat gigi. Sikat secara perlahan jalurnya agar tidak merusak pengencang ristleting tas kamu, ya!

 

Segera Keringkan Ristleting bila Terkena Basah

 

Bila ristleting tas terkena air sehabis dicuci ataupun air hujan, segera keringkan karena ritsleting logam terbuat dari aluminium yang rentan karat. Apabila tas kamu terkena air laut, segera lah untuk membersihkan ristletingnya dengan air tawar agar kandungan garam yang ada pada air laut lekas menghilang dan kemungkinan karat pun tercegah.

 

Merawat Ristleting Saat Macet dengan Benar

 

Ritsleting tas macet dan karat merupakan permasalahan yang akrab terjadi. Terkadang, jika ritsleting sudah mengalami hal tersebut, orang-orang biasanya mudah menyerah dan menggantinya dengan yang baru, pun bahkan tidak menggunakan tasnya lagi. Ada beberapa trik sederhana untuk mengatasinya, misalnya dengan menggunakan lilin sebagai pelumas secara berkala untuk memperkecil gesekan dan tekanan pada penarik, pengencang, dan gigi-gigi ristleting. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cuka dan menyikatkannya dengan sikat gigi untuk mengatasi ritsleting macet, karena kandungannya asam dalam cuka akan melonggarkan partikel penyebab kemacetan. Cara terakhir, kamu bisa menggunakan campuran detergent dan air untuk melepaskan ristleting yang lengket dan tidak mau bergerak. Sikat di bagian pengencang dan penarik ristleting untuk membersihkan kotoran secara perlahan.

 

Dengan 4 tips di atas, ritsleting tas kamu pun bisa terjaga keawetannya dengan baik. Mudah, bukan? Oh iya, Kamu juga bisa loh untuk melihat berbagai koleksi tas berisleting Enji di www.enji.co.id . Selamat mencoba!