Tas kulit menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki. Selain membuat penampilan semakin stylish, tas kulit juga banyak digemari karena memiliki ketahanan yang baik dibandingkan dengan bahan tas lainnya. Namun jangan salah, tas kulit yang awet memerlukan perawatan yang telaten.

 

Kebanyakan orang belum mengetahui cara merawat tas kulit yang sebenernya cukup mudah. Ternyata, material tas kulit juga sensitif terhadap beberapa hall ho! Jika kamu ingin tas kulit kesayanganmu awet hingga bertahun-tahun, berikut ini 5 cara perawatan tas kulit yang bisa kamu lakukan:

 

Jangan biarkan tas kulit terkena paparan sinar matahari dan air


 

Paparan langsung sinar UV dari matahari bisa membuat warna tas kulit menjadi pudar. Tekstur tas pun rentan menjadi retak apabila terkena sinar dan udara panas dari matahari terus-menerus. Sedangkan cipratan air yang mengenai tas bisa membuat tas kulit lembap dan mudah berjamur. Jika tidak sengaja menumpahkan air dan terkena tas kulit, segera lap permukaan tas kulit dengan kain secara lembut.

 

Segera bersihkan tas kulit jika terkena noda


 

Noda yang menempel pada permukaan tas kulit bisa saja membekas dan susah hilang. Apabila kamu menemukan tas kulit kesayangan terkena noda makanan atau tinta alat tulis, segera bersihkan dengan kain atau kapas yang sudah diberi air hangat. Jangan menggosok permukaan tas kulit terlalu keras agar tidak mengubah warna asli dari tas kulit. Lebih baik gunakan gerakan menepuk saat membersihkan permukaan tas agar serat tas kulit tetap terjaga.

 

Selain menggunakan air untuk membersihkan sisa noda, kamu bisa menggunakan produk pembersih khusus tas kulit atau leather cleaner. Ikuti petunjuk penggunaan agar tidak merusak warna ataupun tekstur tas kulit ya. Hindari penggunaan tisu basah, cuka, atau bahan pembersih lainnya yang bukan dikhususkan untuk tas kulit. Kandungan yang terdapat pada cairan tertentu bisa saja bersifat merusak jika digunakan pada bahan tas kulit yang cenderung sensitif.

 

Simpan Tas Kulit di Tempat Sejuk dan Kering

 

 

 

Menyimpan tas kulit di tempat yang benar bisa menghindari tas kulit ditumbuhi jamur. Carilah lemari atau tempat penyimpanan yang kering tapi tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Selalu simpan tas kulit di dalam dust bag sebelum meletakkan di tempat penyimpanan. Letakkan satu bungkus silica gel di dalam tas kulit dan di dalam kotak atau dust bag untuk membantu tas kulit tetap dalam keadaan kering. Silica gel sangat berguna untuk menjaga tas kita tidak lembap dan tidak berbau.

 

Bersihkan Tas Kulit Secara Berkala


 

Selain disimpan dengan baik, perawatan tas kulit secara berkala tetap perlu dilakukan. Setidaknya periksa kondisi tas kulit yang disimpan di lemari seminggu atau dua minggu sekali. Setelah dibersihkan dengan cairan pembersih khusus tas kulit, angin-anginkan sebentar dalam suhu ruang sebelum kemudian dikembalikan ke tempat semula. Penggunaan hair dryer untuk mengeringkan tas kulit sebenarnya diperbolehkan, asalkan menggunakan suhu paling rendah dan berikan jarak yang cukup antara tas kulit dan hair dryer. Jangan sampai tas kulitmu tertumpuk dengan barang-barang lainnya ya saat menyimpan di dalam lemari.

 

Gunakan Koleksi Tas Kulit Secara Bergantian


 

Tas kulit yang terlalu lama disimpan di lemari bisa mengalami perubahan warna, tekstur atau bentuk. Bahkan tak jarang permukaan tas kulit mengelupas karena kelenturannya berkurang. Walaupun disimpan secara rapi dan dibersihkan secara berkala, tas kulit tetap perlu digunakan secara berkala.

 

Jika kamu telaten melakukan 5 cara merawat tas kulit di atas, tidak perlu takut koleksi tas kulitmu rusak karena mengelupas atau berjamur dan terpaksa dibuang. Penggunaan dan perawatan tas kulit dengan cara yang benar bisa membuat tas kulit kita memiliki umur yang lebih panjang bahkan hingga beberapa tahun.