Kemampuan tas dalam menahan air merupakan salah satu faktor yang diinginkan oleh banyak orang. Terutama untuk kita yang tinggal di daerah yang memiliki musim hujan yang cukup panjang. Namun, gak banyak orang yang tahu kalau ternyata kemampuan tas menangkal air memiliki 3 jenis klasifikasi, loh. Pernahkah kamu mendengarkan tas Water Repellent atau tahukah kamu perbedaan dari tas Water Resistant dan Waterproof? Jika tidak, ketahui perbedaan ketiganya di bawah ini, yuk!

 

Tas Water Resistant

 

Water Resistant merupakan sifat tambahan yang ada pada kain yang mampu untuk menahan air yang mengenai permukaan. Meskipun begitu, tas wanita dengan kemampuan Water Resistant masih bisa ditembus air dalam skala besar dan waktu yang lebih lama. Biasanya, tas wanita ini memiliki kain yang ditambahkan lapisan coating untuk menahan air. Bahan tas dengan Water Resistant mampu mengalirkan air di bagian luar tas meskipun hanya pada jangka waktu tertentu. Tingkat ketahanan air pada tas Water Resistant memang berada paling rendah dibandingkan tas Water Repellent dan tas Waterproof. Untuk memperhatikan kualitas tas Water Resistant kamu, pastikan cek kerapatan serat benang, kain, dan kualitas lapisan coating lebih teliti karena ketiga hal tersebut yang mempengaruhi ketahanan air pada tas.

 

Tas Water Repellent

 

Setingkat di atas tas Water Resistant, tas Water Repellent merupakan tas wanita yang didesain untuk menghindari dampak air. Ia memiliki kemampuan menahan air agar tidak menembus ke dalam tas. Biasanya, tas wanita ini dilengkapi dengan kain berlapis coating hidrofobik (menolak air). Jika tas kamu terkena percikan air, maka kain ini akan membentuk butiran dan tidak akan tembus ke dalam tas, jadi membuatmu cukup aman ketika kamu secara tidak sengaja terkena sedikit-sedikit air hujan. Tapi, bukan berarti kamu bisa sering-sering menyiram air ke tas ini, ya! Karena tas ini masih bisa menyerap air jika tekanaannya cukup tinggi dan dalam kapasitas cukup besar.

 

Tas Waterproof/Dry Bag

 

Sesuai dengan namanya, tas berbahan Waterproof benar-benas kedap air sepenuhnya. Saking kedapnya, tas wanita ini juga bisa mengapung loh ketika terjatuh ke air! Ia dapat melindungi permukaan dalam tas beserta isinya dari air sampai debu atau pasir. Tas seperti ini memang biasa digunakan oleh orang-orang yang sedang berpergian outdoor, seperti ke pantai, gunung, ataupun camping.

 

Ketiga tas wanita tersebut biasanya memang memiliki peran berbeda sesuai dengan kegiatan. Untuk kegiatan sehari-hari, kamu bisa memilih tas yang Water Resistant. Namun, jika kamu memang lebih sering berada di luar ruangan atau memiliki aktivitas outdoor, ada baiknya kamu mencari tas yang berbahan Water Repellent. Tentunya, berlibur akan lebih nyaman jika kamu menyiapkan Dry Bag sebagai salah satu essential needs kamu. Selamat mencoba!